Cara main Multi-Player DOTA 2 Offline dengan LAN

Sekilas Dota 2

DDota 2 adalah sebuah permainan multiplayer online battle arena, merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3 : Reign of Chaos dan Warcraft 3 : The Frozen Throne. DotA 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, terbit juli 2013. Dota 2 dapat dimainkan secara gratis pada sistem operasi Microsoft Windows, OS X and Linux. Dota 2 dapat dimainkan secara eksklusif melalui distributor resmi valve, Steam.

Dota 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggota 5 orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Di mana tim harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lainnya agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang.
Pengembangan Dota 2 dimulai sejak tahun 2009. Ketika pengembang mod DotA, Icefrog, dipekerjakan oleh Valve sebagai lead designer. Dota 2 dipuji oleh kritikus karena gameplay-nya, kualitas pembuatan dan kesetiaan pada gameplay pendahulu (DotA mod Warcraft 3). tetapi Dota 2 juga menuai kritik sebagai game yang susah dipelajari dan para pemain yang tidak ramah. Dota 2 menjadi game yang memiliki aktivitas pemain paling banyak di Steam, dengan pucak 800,000 pemain online bersamaan setiap hari.
Dota 2 mengadu 2 tim berisikan masing-masing 5 pemain, tim sebelah kiri disebut "Radiant" dan tim sebelah kanan disebut "Dire, dimana keduanya memiliki markas utama yang disebut Ancient dan tim pertama yang berhasil menghancurkan Ancient lawan adalah pemenangnya. Terdapat 3 jalan atau jalur (disebut ‘lanes’) yang menghubungkan kedua Ancient tersebut dan pasukan (‘creeps’) yang spawn atau muncul secara berkala setiap 30 detik di jalur-jalur tersebut, Setiap 'lanes' memiliki 3 menara yang akan menyerang hero atau creeps didekatnya (disebut 'tower'). Pada tower terakhir terdapat 2 barracks yaitu melee barracks dan ranged barracks. Apabila melee barracks atau ranged barracks hancur, Maka creeps musuh akan bertambah kuat (disebut 'super melee creeps atau super ranged creeps), bertarung dengan ‘creeps’ lawan di sepanjang pertempuran menuju Ancient lawan.
Selain creeps yang ada di lane, untuk menambah pengalaman guna meningkatkan level serta mengumpulkan gold, sebagian pemain juga dapat 'farming' ataupun 'creeping' dihutan dengan membunuh natural creeps ataupun ancient creeps.
Untuk memperoleh keabadian (kesempatan hidup satu kali lagi saat terbunuh) dengan mengunakan aegis immortal, pemain harus bisa mengalahkan roshan, monster hutan yang berada di jalur parit yang memiliki armor yang sangat kuat.
Dijalur parit juga terdapat rune (seperti double damage, haste, bounty, invisible dan arcane), yang muncul secara berkala setiap 2 menit.

Masing-masing pemain dapat mengendalikan sebuah unit/ karakter yang disebut ‘Hero’ yang dipilih pada awal permainan. Terdapat lebih dari 100 Hero dengan type yang berbeda : Strength, Agility dan Intelligence. Setiap Hero memiliki 4 skill (beberapa memiliki lebih) aktif maupun pasif. Dengan membunuh creeps, menaikkan level, membeli item dan membuat keputusan strategi, pemain akan berusaha menjelajah map untuk menghancurkan Ancient lawannya.

Bermain Dota 2 Multi-Player dengan LAN tanpa internet

Namun sayangnya Dota 2 membutuhkan koneksi internet untuk bermain, karena Steam tidak menyediakan fitur/menu yang berfungsi untuk memainkan game lewat LAN. Sehingga banyak yang bertanya bagaimana bermain Dota 2 tanpa koneksi internet (offline) dan menggunakan LAN untuk bermain bareng bersama teman (multiplayer).

Sebelum bermain Dota 2 offline dengan teman, pastikan bahwa:
  • Kamu dan temanmu memiliki versi update Dota 2 yang sama.
  • Memiliki akun Steam yang berbeda-beda (jangan ada yang sama) dan harus membuka Steam dengan keadaan OFFLINE Mode.
  • Memiliki satu jaringan LAN yang sama, menggunakan Wi-Fi atau lewat switch/hub.
  • Mengetahui IP address host, caranya cukup buka cmd dan ketikkan ipconfig. Lihat IP address yang tertera disana misalnya: 10.28.5.116
  • [2column] [content]
    [/content] [content]Catat IP komputer host yang ada di samping tulisan IPv4 address. Karena nantinya IP tersebut akan digunakan untuk klient yang akan terhubung ke Host/pembuat lobby.[/content] [/2column]



Berikut adalah langkah-langkah untuk memainkan Dota 2 offline multiplayer dengan LAN :

Untuk HOST / Pembuat lobby
  • Buka Steam, lalu dipojok kiri atas klik menu steam dan klik Go Offline untuk masuk dengan keadaan offline. Maka Steam akan Restart sendiri dengan keadaan offline secara otomatis.
  • Setelah itu buka tab Library, caranya klik Games > View Games Library yang ada menu dipojok kiri atas.
    View Games Library Steam
  • Lalu klik kanan pada Dota 2 (yang ada di kiri layar), dan pilih Properties.
  • Pada tab General, klik pada Set launch options. Setelah itu akan muncul window Launch Options, pada window tersebut isi kolom teks dengan tulisan -console, jika sudah klik tombol OK.
  • Buka game Dota 2, lalu buka Console dengan menekan tombol \, kemudian tuliskan command di bawah ini.

    Keterangan:

    [accordion]
    [item title="sv_lan 1"]Membuat server lan[/item]

    [item title="sv_cheats 1"]Penjelasannya di gamepedia.dota.com[/item]
    [item title="dota_bot_set difficulty #"]Tanda #: Bisa diganti 1 (Easy), 2(Normal) ,3(Hard) ,4 (Unfair)[/item]
    [item title="dota_force_gamemode #"]
    All Pick = 1
    Captains Mode = 2 
    Random Draft = 3 
    Single Draft = 4 
    All Random = 5 
    INTRO = 6 
    Diretide = 7 
    Reverse Captains Mode = 8 
    Greeviling = 9
    Tutorial = 10
    Mid Only = 11 
    Least Played = 12
    Limited Heroes = 13
    Compendium = 14 
    Captains Draft = 16 
    Balanced Draft = 17 
    Ability Draft = 18 
    All Random Death Match = 20 
    1 VS 1 Solo-Mid = 21 
    All Pick (Ranked) = 22
    [/item]
    [item title="dota_start_ai_game 1"]Untuk bermain game dengan Bot[/item]
    [item title="map dota.bsp"]Untuk memulai game[/item]
    [/accordion]

Setelah menulis command yang terakhir maka Anda akan masuk ke game, jika stuck dan tidak masuk ke pemilihan hero, buka console dan ketik command di bawah ini.
jointeam good
Jika ingin masuk ke team Dire, maka tinggal ganti tulisan good menjadi bad.

Untuk Client / Teman yang ingin bermain Dota 2 Offline

1. Buka game Dota 2, lalu buka Console dengan menekan tombol \, kemudian tuliskan command di bawah ini secepat mungkin sebelum waktu pemilihan hero habis.
connect iphost:27015
Anda harus mengganti tulisan iphost (yang berwarna biru) dengan IP komputer yang menjadi host.


2. Setelah itu Anda akan masuk ke gamenya si host. Jika stuck dan tidak masuk ke pemilihan hero, buka console dan ketik command di bawah ini.
jointeam good

[info title="Tips" icon="info-circle"]Jika ingin masuk ke team Dire, maka tinggal ganti tulisan good menjadi bad[/info]
[info title="Tips" icon="info-circle"]Atau jika ingin menjadi Spectator, maka tinggal ganti tulisan good menjadi spec[/info]

Jika client sudah masuk tetapi belum ada bot yang masuk, maka pada komputer host ketik command dota_bot_populate di console.
dota_bot_populate

Enjoy! :)



Berikut langkah-langkah cepatnya :
[server]
sv_lan 1
sv_cheats 1
dota_bot_set_difficulty 4
dota_force_gamemode 1 
jointeam good/bad

[client(s)]
connect IP:PORT
jointeam good/bad

[server]
dota_start_ai_game 1
map dota.bsp
dota_bot_populate

Silahkan like, share & comment :)

Cara bermain Dota 2 multiplayer dengan LAN offline party

Labels: , , , ,

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Pramadan Hidayat

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-fTDwg9oTLKk/WRrMHfffUxI/AAAAAAAAANQ/xJrCtPK_HVw4Fa2MVc2G6OBl8k-rr6-QQCLcB/pra%2Binter2.png} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#www.facebook.com/pra.onehalf} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.